Minggu, 25 Desember 2016

Amalan Makrifat Jawa Mengenal Aku Sejati.

Amalan Makrifat Jawa Mengenal Aku Sejati.

Berikut  adalah  amalan  bagi  para  pejalan  spiritual  untuk  pembangkitan  kesadaran  akan  diri sejati.  ini  merupakan  tugas  yang  sangat  penting  yang  merupakan  ajang  mujahadah  untuk menemukan  kesejatian.  kenapa  mengenal  diri  sejati  sangat  penting?  sebab  dengan  kesejatian itu  pula  manusia  akan  mencapai  hakikat  diri  serta  terbukanya  kebenaran  pengakuan  serta kesaksian  adanya  allah  secara  hakiki,  yakni  makrifatullah. amalan  ini  sudah  ada  sejak  era  islam  di  jawa,  yang  diajarkan  para  wali  songo.  meskipun berbahasa  jawa  yang  terasa  ada  penyesuaian  dengan  budaya  masyarakat  setempat,  namun ajaran  yang  disampaikan  tetap  memurnikan  ketauhidan  kita  kepada  allah. tata  laku  amalannya  adalah: 1.  senantiasa  membersihkan  diri  dari  dosa  dan  kesalahan  yang  disengaja. 2.  senantiasa  mengendalikan  nafsu  birahi,  nafsu  mata,  nafsu  telinga,  nafsu  akal.  ungkapan  jawa: nutupi  babadan  hawa  sanga/menutup  sembilan  lobang  dalam  diri  manusia. 3.  mengendalikan  hati  agar  senantiasa  sabar,  syukur  dan  pasrah/nrimo  atas  semua  pemberiannya. 4.  membaca  doa  dibawah  ini  usai  sholat  fardhu  maupun  sholat  sunnah  yang  lain.  tidak  ada jumlah  berapa  kali  harus  dibaca.  doa  juga  boleh  dibaca  sewaktu-waktu  agar  senantiasa mengingat  allah  dimanapun  tempatnya  seiring  dengan  nafas 5.  doa  perlu  dihayati  artinya  serta  diperdalam  maknanya…. doanya: bismilahirrohmanirrahim melebu  allah..metu  allah andadekake  urip  iku  allah utek  dunungno  kodrate  allah ya  hu allah  ….  ya  hu  allah  ….ya  hu  allah nabi  muhammad  iku utusane  allah dengan  nama  allah  yang  maha  pengasih  dan  penyayang masuknya  nafas  karena  allah  keluarnya  nafas  karena  allah yang  mengadakan  hidup  itu  allah otak  diletakkan  atas  kodrat  allah ya  hu allah  ….ya  hu  allah  ….ya  hu  allah nabi  muhammad  itu rasullullah. penjelasan: yang  paling  sederhana  memikirkan  sumber  hidup  adalah  masuk  dan  keluarnya  nafas  yang merupakan  kodrat  allah  yang  tidak  bisa  dicegah.  manusia  hanya  menerima  dengan  pasrah  atas kekuasaan  allah  yang  meliputi  nafas.  sehingga  fikiran  ini  diajak  patuh  dan  pasrah  bersamaan dengan  patuhnya  nafas  tanpa  kecuali  totalitas.  bahwa  yang  mengadakan  hidup  adalah  allah. dimana  seluruh  makhluk,  apakah  itu  binatang,  manusia,  tumbuhan  serta  bumi,  matahari semuanya  bergerak  dinamis  atas  sifat  hidup  allah  al  hayyu.  otak  adalah  merupakan  bentuk kekuasaan  allah  atas  manusia,  yang  mana  manusia  diwajibkan  berfikir  dan  berkontemplasi untuk  menyatakan  sebagai  wakil  allah  maka  dengan  itu  otak  harus  sesuai  dengan  kehendakkehendak  dan  perintah-nya.  wahai  zat  yang  tidak  sama  dengan  makhluknya.  aku  bersaksi bahwa  nabi  muhammad  itu  rasulullah. apabila  kita  rutin  mengamalkan  riyadhoh  ini,  insya  allah  kita  akan  dituntun  nya  menemukan kemana  muara  pencarian  diri  sejati  secara  universal.  kita  akan  menghayati  mulai  dari  kesadaran fisik  sampai  kepada  kesadaran  transendental  dimana  kesejatian  manusia  adalah  sesuatu  yang bukan  fisik  dan  bukan  kesadaran  yang  muncul  dari  raga  atau  otak  bahkan  juga  bukan  dari rasa/batin  kita.  namun  kesadaran  yang  lahir  karena  pemberian  allah  dan  dengan  kesejatian inilah  manusia  menunaikan  baktinya  kepada  allah  sebagaimana  fitrahnya. apa  dan  siapa  manusia  sebenarnya?  hal  ini  tidak  akan  bisa  terpahami  menjadi  suatu  kesadaran apabila  fikiran  dan  jiwa  kita  tidak  pernah  dibawa  ke  alam  jiwa  secara  nyata.  sejak  bayi  yang  tibatiba  lahir  dengan  proses  alami.  ia  lahir  bukan  karena  permintaan  dan  kehendaknya.  ia  tidak mengerti  untuk  apa  dilahirkan.  ia  tidak  punya  apa-apa  bahkan  telanjang  serta  malupun  tidak punya.  kemudian  sekelilingnya  memberikan  kesadaran  secara  bertahap.  mulai  dari  pemberian nama  dan  identitas  kelamin,  dan  batasan  kesadaran  yang  sangat  sempit.  ia  dikenalkan  dengan dirinya  bahwa  namanya  si  anu  dan  jenis  kelaminnya  laki-laki.  diajarkannya  pula  nama-nama anggota  tubuhnya,  ini  telinga,  ini  kepala,  ini  tangan,  dan  seterusnya.kesadaran  ini  membuat  terikat  kepada  sebatas  apa  yang  ia  terima  dan  ia  ketahui.  sehingga  sang diri  terbelenggu  dan  tersesat  dalam  ketidaktahuan  siapa  yang  sebenarnya  diri  ini.  identitas  biri palsu  ibarat  pakaian  yang  menimbulkan  ikatan  pada  jiwa  seseorang.  jika  manusia  melakukan sikap  yang  mengikat  dengan  dunia  sekelilingnya,  jiwanya  akan  terkungkung  dan  kesadarannya terbelenggu. oleh  karena  itu  manusia  dalam  hidupnya  harus  selalu  berusaha  mengurai  ikatan  terhadap  dunia sekitarnya.  maksudnya,  manusia  harus  mulai  menyadari  keterbatasan  diri  yang  selama  ini dijerumuskan  oleh  pengetahuan  yang  didapatnya.  ya,  diri  ini  bukan  hanya  terbatas  pada  mata, telinga,  kaki  serta  anggota  tubuh  yang  kelihatan.  kesadaran  ini  harus  dilakukan  dengan  latihan dan  pengisian  ilmu  pengetahuan  tentang  diri  secara  imanen  transendental  dan  pengalaman langsung. manusia  bukanlah  tubuh  yang  padat  atau  baku.  bahan  pembentuknya  bukanlah  benda  atau  zatzat  semata,  akan  tetapi  aksi  amal  perbuatan  yaitu  aliran  berangkai  dari  peristiwa-peristiwa. tidaklah  mengherankan  bahwa  dari  bahan-bahan  yang  sangat  labil  ini  terbentuklah  alam  yang selalu  berubah-ubah,  menjelma  dari  bentuk  ke  bentuk  mengikuti  suatu  proses  evolusi,  berubah dan  berganti.  kesadaran  pun  berubah  meluas  menjadi  kesadaran  universal,  yaitu  kesadaran yang  tidak  ada  batas,  kesadaran  jagat  raya  atau  disebut  kesadaran  makrokosmos. wujud  raga  ini  tidak  lagi  sesempit  dulu.  ……aku  tidak  lagi  sebatas  kepala,  tangan,  dan  kaki  saja. akan  tetapi  badanku  adalah  angin  yang  bergerak,  atom-atom  yang  bertebaran  serta  bergantian saling  tukar  dengan  benda-benda  yang  lain,  badanku  adalah  butiran-butiran  zarrah  yang  saling mengikat,  ya  aku  saling  ikat  dengan  tumbuhan,  binatang,  bumi  serta  dengan  angkasa  yang maha  luas.  badanku  adalah  jagad  raya.  dimana  kesadaran  sudah  berubah  luas  dan  menjadi  satu kesatuan  dengan  semua  yang  ada….. apabila  zat-zat,  tubuh  manusia  dan  benda-benda  dalam  alam  sudah  dipahami  sebagai rangkaian  kejadian-kejadian,  serta  menurut  kemauan  sunatullah.  maka  sebenarnya  atom-atom bergerak  bukan  atas  kemauannya  sendiri,  akan  tetapi  ada  sosok  yang  bukan  dirinya.  dimana atom-atom  itu  bergerak  mengikuti  kekuatan  yang  maha  besar.  benda-benda  kecil  itu  hanya patuh  terhadap  yang  tidak  bisa  diperbandingkan  dengan  sesuatu.  wujud  itu  begitu  absolut, benda-benda  ini  ternyata  mati.  akan  tetapi  ia  bergerak  dan  dihidupkan  oleh  suatu  kuasa  yang maha  besar.  itulah  metakosmos  yang  hidup,  yang  perkasa,  yang  meliputi  segala  benda,  ialah rabbul  alamin…. pada  kesadaran  ini  sebaiknya  kita  berhenti  sejenak  dan….  no  mind…  jangan  berpikir…..biarkan allah  swt  yang  menuntun  hati  dan  pengetahuan  dengan  tetap  mematuhkan  jiwa  dan  tubuh  kita kehadirat  allah  yang  maha  suci.  apabila  kita  meluruskan  pandangan  jiwa  dan  tubuh  kita terhadap  perintah  nya  serta  menundukkan  dan  memasrahkan  segala  ketaatan. tubuh  ini  akan  taat  seperti  taatnya  alam  semesta  tanpa  kita  rekayasa,  ia  akan  hidup  seperti hidupnya  alam,  serta  ia  akan  teratur  seperti  teraturnya  matahari  serta  planet-planet  yang  tidak berbenturan.  ia  akan  patuh  secara  otomatis….  bahwa  adanya  diri  dan  alam  semesta  telah mengajak  kepada  kesadaran  untuk  sampai  kepada  pembuktian  adanya  allah  yang  maha  gaib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar