Minggu, 25 Desember 2016

AMALAN AJI BAYU BAJRA.

AMALAN AJI BAYU BAJRA.

“Pamuji  rahayu..,  monggo  ki  dipun  lanjut  ilmunipun  …  kulo  suwun  upami  mboten  awrat penggalih,  dipun  wedar  ngilmu  aji  maruta…,  supaya  saya  kalu  bepergian  jauh  ndak  usah  naik kendaraan  ki..  ngirit  ongkos  hehehe…maklum  bensin  mahal,  aftur  juga  mahal…,naik  piet  onthel ga  tekan  tekan  je….hehehe..kesuwen.  nyuwun  jembaring  penggalih  pangapunten.matur sembah  nuwun.  salam  sihkatresnan,  rahayu…  (ki  hadi  wirojati,  24  october  2009).   sekitar  tahun  80-an  di  kawasan  selatan  gunung  semeru,  perbatasan  kabupaten  lumajangmalang,  jatim  di  hutan  lindung  yang  lebat  masih  banyak  menjumpai  orang-orang  yang  memiliki ilmu  aji  bayu  bajra.  mereka  pating  gleber  seperti  burung.  hinggap  (menclok)  dari  pohon  yang satu  ke  pohon  yang  lain.  persis  seperti  di  film-film  silat.  yang  membedakan  adalah  saat  kita dekati,  mereka  akan  menjauh  dan  sama  sekali  tidak  ingin  identitasnya  diungkap. suatu  ketika  dalam  sebuah  maneges,  saya  menjumpai  seseorang  pemilik  ajian  bayu  bajra  di wilayah  itu.  duduk  bersila  di  sebuah  batu  besar  di  tengah  sungai  mengalir  gemericik.  saya mencoba  menyapanya  dengan  salam.  dia  tidak  menjawab.baru  ketika  saya  mencoba  untuk menggunakan  bahasa  tubuh  yang  artinya  bahwa  saya  ingin  bercakap-cakap  dengannya,  maka dia  akhirnya  memberi  isyarat.  jari  telunjuknya  ditempatkan  di  depan  mulut.  matanya memandang  santun  dan  lembut  mata  saya.  sebuah  sorotan  yang  sejuk  namun  tegas  dan berdaya. batin  saya  langsung  membaca  ini  orang  waskita  yang  tidak  sembarangan:  dia  sedang  maneges kepada  gusti.  belum  sempat  saya  meneruskan  komunikasi  dengan  bahasa  tubuh  yang  lain,  dia langsung  meloncat  ke  sebuah  pohon  yang  rimbun  dan  meneruskan  melompat  ke  pohon  yang lain.  hingga  akhirnya  hanya  gerakan-gerakan  dedaunannya  saja  yang  terlihat.  orang  waskita  itu pun  menghilang. saya  hanya  berujar:  selamat  jalan,  hamba  gusti  allah  yang  waskita  …. orang  yang  bisa  terbang  atau  meloncat  dari  dahan  yang  satu  ke  dahan  yang  lain  ini  bagi  para leluhur  tanah  jawa  adalah  soal  yang  mudah.  gaya  hidup  keseharian  para  leluhur  yang  dekat bahkan  menyatu  dengan  alam  membuat  mereka  mampu  menemukan  ilmu-ilmu/ajian-ajian yang  beraneka  rupa.  hobi  para  leluhur  yang  gentur  olah  rasa/batin,  menggunakan  ilmu  titen untuk  membaca  fenomena  alam  dan  gemar  mempersatukan  diri  dengan  semua  jenis  kekuatan (fisik  dan  metafisik)  membuat  mereka  digdaya. para  leluhur  tidak  perlu  membeli  handphone  dan  sms  untuk  menghubungi  para  sedulurnya. mereka  juga  tidak  bisa  menggunakan  email  atau  facebook  untuk  saling  curhat.  dari keterpisahan  jarak  dan  waktu,  mereka  menggunakan  kemampuan  intuisi  untuk  saling berkomunikasi  (orang  sekarang  menyebut  telepati).  namun,  bila  dirasa  sangat  urgen  untuk bertemu  dengan  sedulurnya,  mereka  akan  berjalan  kaki  atau  menggunakan  kuda  sebagai  alat transportasi.  segelintir  leluhur  lain  yang  waskita  akan  menggunakan  ajian  sapu  jagad  dan  bayu bajra  untuk  bepergian  jarak  jauh. aji  bayu  bajra  mensyaratkan  agar  penggunanya  sudah  memiliki  kedewasaan  mental  spiritual.  ia haruslah  orang  yang  sudah  “berumur”  dan  tidak  ingin  menonjolkan  diri  lagi  di  depan  publik.  dia sepi  ing  pamrih  rame  ing  gawe.  tubuh  fisiknya  bisa  seringan  kapas  karena  dia  tidak  lagi  diliputi nafsu  keduniawian  sedikitpun  sehingga  yang  ada  dalam  hidupnya  hanyalah  menunggu  titah-nya saja.  jiwa  yang  masih  “berat”  condong  ke  dunia,  mustahil  memiliki  ilmu  ini  dengan  seempurna. para  pemilik  ilmu  ajian  ini  adalah  orang  yang  sangat  pendiam.  ‘tapa  meneng’  dan  hanya  boleh berbicara  bila  sangat  terpaksa.  satu  dua  kalimat  pun  harus  diucapkan  dengan  bijaksana.  yakni untuk  menyampaikan  ajaran-ajaran  kebajikan  yang  menjadi  tanggungjawab  besarnya  di  dunia. laku  prihatin  dan  hidupnya  harus  bisa  diteladani  oleh  orang  yang  pernah  melihat  dia  walau hanya  sekelebat. matra  untuk  matek  ajian  bayu  bajra  diingatnya  di  luar  kepala.  itu  mencerminkan  jiwanya  yang bebas  seperti  burung…. “putune  bayu  bajra  yo  aku sing  nduwe  angkoso,  nduwe  langit nduwe  awang-awang aku  mabur koyo  manuk kemlebat  koyo  alap-alap mabur koyo  bidho  kang  ora  nate  kesel mabur……burrr!!!!!!!!!!! maburku  luwih  banter  tinimbang  angen-angen..” itulah  mantra  yang  dibaca  oleh  hamba  gusti  allah  yang  pernah  saya  jumpai  di  kawasan  selatan gunung  semeru  yang  kini  entah  ada  di  mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar